Soft Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Public Relation
Soft Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Public Relation
Memiliki keahlian menulis, memahami manajemen konflik dan kemampuan riset adalah beberapa diantara banyaknya hard skill yang harus dimiliki seorang public relation. Seorang PR memiliki peran menjaga citra dan komunikasi perusahaan dengan publik. Tidak hanya hard skill, tapi ada pula soft skill yang harus dimiliki public relation dalam menjalankan pekerjannya.
Simak selengkapnya berikut ini.
PR berhubungan erat dengan citra atau imej. Seorang PR pun sudah seharusnya menjaga sikap dan penampilannya sehari-hari. Contoh sederhananya seperti sopan dalam bertutur kata, bersikap ramah dan menghormati orang lain, dan mengenakan pakaian yang rapi dan bersih. Tujuannya bukan hanya untuk membuat imej yang baik di depan orang lain. Seorang PR akan menunjukkan bahwa ia adalah orang yang tak hanya pandai dalam bekerja, tetapi juga pandai dalam bersikap dan well groomed.
Dalam dunia public relation, seorang officer harus bisa mengatur waktu dengan baik. Ada banyak pekerjaan yang dituntut sebagai seorang PR. Mulai dari menulis press release, melakukan kunjungan, melaksanakan event, dan lain-lain. Terutama PR yang bekerja di lembaga atau perusahaan dengan fase kerja cepat. Pekerjaan harus maksimal meskipun waktu padat.
PR berhadapan langsung dengan banyak orang, seperti klien dan masyarakat. Seorang officer kemungkinan besar dikirim ke berbagai tempat untuk menghadiri acara atau bertemu dengan pihak lain. Disinilah kemampuan beradaptasi diperlukan. Bisa menempatkan diri di situasi baru dengan orang baru adalah tantangan seorang public relation.
Kemampuan berhubungan baik menjadi hal yang penting pula. Masih berkaitan dengan kemampuan beradaptasi, seorang PR akan bertemu dengan orang banyak dalam pekerjaannya. Untuk itu, ia dituntut untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain. Relasi yang terbentuk dari hubungan baik tadi mungkin bisa membantu seorang PR ketika ada tugas atau kebtuhuan lain di masa yang akan datang.
Menjadi seorang PR tidak hanya membutuhkan soft skill, tetapi tetap perlu juga diimbangi dengan hard skill. Seperti pekerjaan lain pada umumnya, akan berjalan lebih baik jika public relation memiliki keseimbangan soft skill dan hard skill.
Dibuat oleh Imanuella Gerlani G.H (915170035)
Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/tempat-kerja-tim-pertemuan-bisnis-1245776/
Comments
Post a Comment