Strategi Marketing Komunikasi PT. Enesis Group Selama Masa Pandemi Covid - 19 dalam Mempertahankan Pelanggan dan Pendapatan Perusahaan

   

     PT. Enesis Group adalah salah satu perusahaan terbesar yang ada di Indonesia yang berdiri pada tahun 1988, brand pertama yang diluncurkan oleh perusahaan ini adalah lotion nyamuk pertama di Indonesia dengan nama Sari Puspa atau sekarang dikenal dengan nama Soffel. Pada tahun 1999 PT. Enesis juga menjadi perusahaan pertama yang mengeluarkan antiseptik pertama yang bisa digunakan secara langsung yaitu Antis.  Perusahaan ini menaungi beberapa brand besar lainnya yang banyak digunakan oleh kalangan orang, mulai dari anak - anak hingga orang dewasa. 

    Pandemi Covid - 19 yang masuk ke Indonesia sangat mempengaruhi pendapatan dari berbagia sektor dan juga berpengaruh terhadap berbagai perusahaan, termasuk PT. Enesis Group untuk menangani masalah tersebut PT. Enesis Group tidak lepas tangan begitu saja banyak perubahan yang dilakukan secara cepat dalam menangai krisis ini. Cara yang di lakukan oleh perusahaan ini adalah selain tetap melakukan transakasi secara Offline dengan protokol kesehatan, PT. Enesis Group juga meluaskan starategi marketing komunikasi perusahaannya secara Online 

    Strategi marketing komunikasi Online yang dilakukan oleh perusahaan ini mulai dari membuka store official di star- up terbesar yang ada di Indonesia hingga pemmbuatan website perusahaan dengan memunculkan pilihan belanja melakui website perusahaan. langkah lain yang dilakukan oelh perusahaan adalah dengan menyediakan layanan chat WhatsApp, ini dilakukan agar pelanggan bisa langsung berinteraksi dengan pihak perusahaan sehingga pihak perusahaan bisa tetap mengetahui mengenai respon pembeli mengenai produk dan juga layanan yang diberikan oleh perusahaan selama masa pandemi Covid - 19 ini. 
    
    PT.Enesis juga menyediakan jasa pengiriman langsung yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang elektronik yang dilakukan dengan melakukan scan barcod sehingga pembeli tidak perlu mengeluarkan uang fisik secara langsung, sehingga bisa menjaga kebersihan diri baik itu pembeli ataupun penjual yang mengantarkan barang kepada pembeli. 

     Hal lain yang dilakukan oleh PT. Enesis Group adalah dengan tetap mempertahankan awerness pembeli terhadap produk yang dimiliki perusahaan dengan cara melakukan branding produk melalui berbagai platform mulai melalui PAID ADS hingga menggunakan Influencer yang terkenal dan sesuai dengan citra produk yang ingin dipasrkan. 

by : Miechel Valencia (915170009) 
Narasumber : Elkana Lewerissa (Head of PR PT. Enesis Group) 

Comments