[ARTIKEL] Membangun Strategi Komunikasi oleh CEO DailySocial.id

 

 Membangun Strategi Komunikasi oleh CEO DailySocial.id


 

Komunikasi adalah seni berbagi pesan dan ide. Begitulah awal dari kuliah umum bertema “Viral Voice: Building Digital Communication Strategy” yang dibawakan oleh CEO DailySocial.id Rama Mamuaya pada 1 Desember 2020. Pada sesi awal presentasi, Rama mengungkapkan betapa pentingnya kesamaan bahasa dalam pekerjaan, terlebih dalam bidang komunikasi. Kita harus memastikan bahwa antara sesama pekerja atau klien memiliki bahasa yang sama dalam arti pandangan dan pemikiran yang sejalan serta menuju pada tujuan yang sama.

Rama menjelaskan inti dari kuliah umum kali ini yaitu empat cara membangun strategi komunikasi. Yang pertama adalah identify your objectives. Apa itu objectives? Objectives dalam konteks ini berarti tujuan. Tetapkan tujuan baik itu untuk perusahaan atau pribadi Anda. Hal ini penting dan tidak boleh dilewatkan karena menjadi dasar bagi perjalanan perusahaan atau pribadi Anda. Lalu, yang kedua adalah know your target. Anda harus mengetahui target dari perusahaan Anda. Cobalah untuk lebih spesifik dalam menentukan target agar lebih mudah dalam melakukan riset. Cari tahu tentang karakter dari target Anda seperti apa saja yang disukai dan tidak disukai serta kebutuhan mereka.

Cara ketiga adalah measure and improve. Strategi yang baik adalah cara-cara yang bisa membuat perusahaan atau pribadi Anda lebih baik ke depannya dalam rangka mencapai tujuan. Kemudian cara keempat adalah experiment and move fast. Di era digital ini, semua serba cepat terutama komunikasi yang sudah tidak ada batas dan hambatan lagi. Lantas apa yang harus dilakukan? Tentu mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, akan semakin banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan yang bisa berguna di masa yang akan datang.

Di akhir kuliah umum, Rama juga berbagi empat tips berkomunikasi di era Gen Z. Ia menyebutkan mobile first technology first. Lalu, authenticity is key. Menjadi asli atau orginal itu penting sehingga tidak meniru orang lain. Kemudian, the power of now. Menunda bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Gunakan waktu dengan baik, jika bisa sekarang kenapa tidak? Terakhir adalah influence matters

 

Ditulis oleh Imanuella Gerlani G.H (NIM 915170035) 

Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/kertas-bisnis-keuangan-dokumen-3213924/

Comments